Advertisement

Responsive Advertisement

Mengetik dan Mengaktifkan Keyboard Arab di Komputer dengan Mudah

Huruf hijaiyah adalah huruf yang sangat akrab bagi umat islam, saya masih ingat betul dulu waktu kecil belajar menulis arab. Zaman terus berkembang, teknologi selalu update setiap saat. Menulis arab saat ini dapat dilakukan dengan mudah di komputer. Akan tetapi ternyata tidak semua bisa mengetik arab dikarenakan ketidak tahuan dalam menggunakan fitur-fitur dalam Microsoft Word. 



Saat ini kamu bisa mengaktifkan huruf-huruf arab di komputer kamu. Kini kamu bisa mengetik langsung di komputer. Bagaimana cara memunculkan keyboard arab? Apakah perlu software tambahan? ternyata tidak perlu.  Untuk memunculkan huruf arab apda komputer kamu yang pertama pastikan di dalam PC atau Laptop kamu sudah terinstall Windows 7,8 atau 10. untuk Windows dibawah 7, perlu CD daiver untuk menambahkan Language. 

Jadi yang pertama adalah mengaktifkan Input Language  pada komputer kamu. yang saya terangkan ini adalah mengaktifkan keyboard arab pada Windows 8. karya di Laptop saya menggunakan OS Windows 8
Silahkan cari di Control Pannel




Kemudian pilih Add a Language nanti akan muncul layar seperti berikut:



Gambar diatas menunjukkan bahwa komputer tersebut belum diaktifkan arabic keyboardnya, silahkan klik pada tombol Add a Language dan Klik di Add an Input Method pilih Arabic (101), Arabic (102) dan Arabic (102) AZERTY, pastikan tercentang semua maka akan muncul seperti gambar berikut:



Setelah Kamu melakukan pengeturan seperti diatas maka sekarang kamu tinggal mencobanya. Karena penulisan huruf arab dimulai dari kanan maka silahkan aktifkan  Right to Left Text Direction
Untuk pergantian antara teks arab dan teks indonesia, kamu cukup mengklik tombol pada keyboard: Shift + Alt secara bersamaan maka akan otomatis dari indonesia menjadi arab, atau sebaliknya dari arab menjadi indonesia



Kalo kamu masih bingung belum faham betul dimana letak huruf-huruf arab pada keyboard, kamu bisa memunculkan arabic keyboard dengan mancari di Star> All Program>On-Screen Keyboard, maka akan muncul seperti berikut ini:


Mudah bukan...kamu sekarang bisa mengetik arab dengan mudah. saran saya kamu perlu menghafalkan posisi-posisi huruf arab apda keyboard. karena kalo mengunakan On-Screen Keyboard terus gak selesai-selesai mengetiknya...selamat mencoba ya...semoga bermanfaat..

Post a Comment

0 Comments